PERINTIS USAHA TEMPE

Tempe merupakan salah satu lauk pendamping makanan yang sangat digemari masyarakat di Indonesia, selain harganya yang terjangkau, komposisi gizi baik kadar protein, lemak dan, karbohidratnya menjadi lebih mudah dicerna di dalam tubuh dibandingkan yang terdapat di dalam kedelai. Hal tersebut menyebabkan tempe banyak di produksi di Indonesia bahkan di dunia, termasuk salah satunya produksi tempe milik Bapak Aswat yang berada di Dusun Koncer Malang satu, Desa Koncer Darul Aman, Kecamatan Tenggarang, Kabupaten Bondowoso.
Produksi Tempe milik Bapak Aswat telah didirikan sejak tahun 1975. Dalam keseharian produksinya bapak Aswat dibantu oleh keluarganya sendiri yang berjumlah 3 orang dan dimulai pukul setengah 5 (lima) pagi. Untuk bahan bakunya yang berupa kedelai bapak aswat membelinya dari pedagang lain. Dalam sehari bapak Aswat menggunakan 23 kg kedelai. Cara pembuatan dari tempe tersebut tergolong sederhana namun di butuhkan ketelitian agar mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan yaitu yang pertama kedelai dikukus, kemudian digiling, dan setelah itu di campur air hangat.
Setiap harinya tempe milik bapak Aswat di produksi sebanyak 45 tempe yang masing- masing merupakan 25 tempe kotak dan 20 tempe panjang. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau, tempe yang diproduksi secara manual tersebut di jual seharga 3000 rupiah saja.
Bagi kalian yang ingin memesan Tempe yang enak dengan harga yang terjangkau, silahkan langsung saja datang dan pesan tempe milik bapak Aswat yang beralamat di Dusun Koncer Malang I, RT. 02, Desa Koncer Darul Aman.

foto kegiatan 01
foto kegiatan 02
foto kegiatan 03

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *